Friday, October 13, 2017

Manfaat Makan Buah Juwet

33 comments
Manfaat Makan Buah Juwet-Siapa sih yang enggak kenal buah juwet? Kalau suasana panas kayak gini di bulan oktober, pasti di daerahku banyak yang jual si hitam manis ini (buah juwet). Kalau enggak mau beli ya tinggal ambil sendiri dari pohonnya yang ada di tepi-tepi jalan., banyak kok! tinggal ambil aja, apa lagi sekarang lagi musim-musimnya berbuah.

Ya itu kalau di tempatku lho ya? Soalnya dari beberapa sumber yang ada di internet katanya Buah Juwet ini sudah mulai langka. Memang benar, orang dulu atau anak muda jaman dulu (era 80-90 Han) suka dengan buah yang satu ini.. ya mungkin karena banyaknya pohon juwet tumbuh liar di lahan-lahan kosong, di tepi-tepi jalan.

Seperti Minggu kemarin rencananya aku mau ngopi, eh.! malah di ajak temenku nyari juwet., ya akhirnya aku iyakan aja ajakan temenku.hehe

Tahukah sobat pembaca jenishow.blogspot.co.id? Ternyata, dari beberapa sumber yang ada di internet yang pernah aku baca? Ternyata Buah Juwet ini menyimpan banyak rahasia lho buat kesehatan tubuh kita.

Mau tahu rahasia manfaat makan buah Juwet? Yuk! Kita baca bersama-sama ulasan dari buah juwet yang menyehatkan buat tubuh kita.

  1. Sebagai Obat Diabetes
    Ya benar sekali Buah Juwet bisa digunakan untuk mengobati penyakit diabetes oleh para ahli kesehatan alternatif. Secara ilmiah, buah juwet memiliki indeks glikemik rendah. Hal itulah yang membuatnya menjadi pilihan tepat bagi para penderita diabetes. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam the Complement Ther Med tentang efek anti diabetes buah juwet.

    Studi tersebut menunjukkan bahwa buah juwet memiliki potensi yang signifikan sebagai bahan obat diabetes. Studi lain menunjukkan bahwa biji buah juwet bisa menurunkan kadar gula darah sebesar 30%. Manfaat buah ini dikaitkan dengan menurunkan risiko komplikasi akibat diabetes.
  2. Bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan tulang Tak menyangka, bukan? Buah juwet mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium, zat besi, kalium dan vitamin C. kandungan tersebut membuat buah juwet baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan tulang.
  3. Membantu mencegah penyakit jantung Selain kandungan nutrisi di atas, buah juwet juga sarat dengan kandungan asam ellagic (ellagitannins), anthocyanins, dan anthocyanidins yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Senyawa tersebut juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah oksidasi kolesterol dan divasi plak yang memicu penyakit jantung. Selain itu buah juwet merupakan sumber kalium. Buah juwet sebanyak 100gr mengandung 55mg kalium yang membantu mencegah hipertensi yang juga menjadi pemicu penyakit jantung.
  4. Obat infeksi Bagian lain dari buah juwet seperti daun, kulit , batang dan biji secara tradisional digunakan sebagai obat infeksi karena bakteri. Tanaman buah juwet menyimpan senyawa seperti asam malat, asam galat, asam oksalat dan tanin. Kandungan senyawa tersebut berfungsi sebagai antimalaria, sifat antibakteri dan gastroprotektif.
  5. Melancarkan pencernaan dan kesehatan mulut Daun pohon juwet dalam dunia pengobatan tradisional telah digunakan untuk mengobati diare dan maag. Daun tersebut memiliki sifat antibakteri sehingga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan kesehatan mulut.
  6. Mencegah kanker Beberapa studi telah menyelidiki sifat chemoprotective dari buah juwet. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti Jagetia GC menunjukkan bahwa ekstrak buah juwet mampu menghambat radiasi yang disebabkan oleh generasi radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.


Nah itulah beberapa Manfaat Makan Buah Juwet bagi kesehatan tubuh kita yang dapat aku bagikan di kesempatan hari ini, Semoga bermanfaat bagi semua pembaca yang hadir di blogku ini.

Salam Berbagi....

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

33 comments:

  1. Buah Juwet, kayaknya buah ini mulai langka ya mas, aku belum pernah tahu hiks ....
    Kalau lihat tampilannya rasa dari buah ini asam ya mas?

    Buah juwet banyak manfaat kalau gitu
    boleh mas Jen kirim bibitnya aku tanam di daerahku
    hehe ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak, sha juga baru tau :D

      Delete
    2. iya memang buah ini sudah mulai langka di luar sana, tapi Alhamdulillah sampai saat ini masih ada buah beserta pohonnya di tempatku.., sehingga masih bisa menikmati buah juwet ini.

      Boleh, nanti aku kirim buah sama bibitnya, buat tahu.., gambarnya tapi..,haha

      Delete
    3. Oh mbak @Vanisa juga baru tahu buah juwet ya? tapi di super marketnya google banyak kok mbak..,hehe

      Delete
  2. Buah juwet memang tak asing lagi, apa lagi di buat minuman sejuk.. Hmmm.. Sangat menyegarkan. Dan ternyata banyak manfaat di balik buah mugil ini. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buah juwet di buat minuman, aku malah baru tahu.

      Kapan2 aku coba bikin minuman dari buah juwet ini.., xixixi

      Delete
  3. Saya masih belum tahu buah juwet itu apa sih mas, kalau di jawa barat mirip buah gohok kali yah, rasanya asam bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya hampir mirip buah gowok mas, warnanya., bentuk,kulit dan pohonnya beda.

      Kalau rasanya campur2, ada manis,asam dan getar kalau kurang matang.

      Delete
  4. Buah Juwet ini di tempatku namanya Soppeng. Habis makan ini gigi jadi keungu-unguan kalo tidak salah ingat.

    Buah Juwet ini memang mulai langka ya, mas. Saya bahkan sudah bertahun-tahun tidak pernah liat apalagi makan buah ini lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi aku cari buah soppeng di mbah google kok beda ya? bukannya gigi yang jadi unggu2, tapi lidah., hehe

      Delete
    2. Itu yang benar, mas Jen. Dilidah warnanya lebih tahan lama. Kalau di gigi pas saat menggigitnya saja.
      Jadi benar ya Juwet itu sama dengan Soppeng?

      Delete
  5. kalo di tempat saya namanya buah duwet, mas. ya, rada mirip lah pengucapannya. dulu watu kecil sering makan ini buah, rasanya manis rada sepet-sepet gitu. kalo sekarang malah jarang makan. hmmm ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mungkin beda pengucapannya aja ya mas @Beny.

      Kok jarang makan, memangnya kenapa lho mas? tapi masih ada kan pohon juwetnya?

      Delete
  6. ini buah favorit saya waktu kecil. Kalau di daerah saya, makassar, namanya coppeng. Paling enak dimakan kalau direndam di air gula. Asem-asem manis deh rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas @Bimo., kalau direndam dengan air gula tambah manis.

      Delete
  7. Pernah dikasih tau temen buah juwet ini, sayangnya udah langka ya, pdhl manfaatnya bagus banget, apalagi bisa buat maag dan diabetes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari beberapa sumber yang ada di net,katanya buah juwet ini sudah mulai langka keberadaannya.., tapi Alhamdulillah di pinggir2 jalan ditempatku masih banyak. Sehingga masih bisa menikmati buah juwet.

      Delete
  8. Ini kalau di daerahku adanya di deket-deket kuburan, Mas.
    Dulu jaman kecil hobi banget nyari beginian, tapi makin kesini makin nggak minat gegara rasanya yang sepet-sepet gimana gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau deket2 kuburan di tempatku yang banyak bunga kamboja., haha

      Kalau matang rasanya ada manisnya kok mas @Wisnu ., mungkin yang sampaen makan masih belum matang.., makanya sepet., hihihi

      Delete
  9. ini buah apaan ya mas ko gk pernah liat atau dengar namanya? tapi manfaatnya oke punya sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini buah juweeeet, wkwkwk!

      Buah juwet mas @Abdul , untuk pohonnya bisa cari gambarnya di mbae.,hehe

      Delete
  10. Iyah juwet sekarang jd buah langka. Rasanya kecut2 sepet tapi enak. Kalau di tempat saya maknnya sambil dicocol garam. Mama saya suka bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok makannya dicocol sama garam, bukannya sama gula biar tambah manis., hehe

      Iya memang sebagian orang punya cara sendiri untuk menikmati buah juwet ini, ada yang dimakan langsung, di bikin jus, dll. pokoknya banyak, sayang buah ini sudah mulai langka sekarang.

      Delete
  11. Aku jadi penasaran pengen coba makan buah juwet ini, manfaatnya juga banyak ya, Mas.. Nice share :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di jogja juga masih banyak kok mas buah juwet ini., kalau tidak salah duwet orang jogja menyebutnya.

      Delete
    2. Oh, gitu, coba nanti aku cari tahu, Mas..

      Delete
  12. Hai Mas Jeny, maaf kan baru bisa mampir. Aku suka juga buah duwet, tapi yg manis, hehehe. Di daerahku ada yg jual juga loh. Khasiatnya ternyata banyak

    ReplyDelete
  13. wahhhh mantap mas jeny, baru tau nih soal ini terima kasih sudah berbagi yaa... baru denger banget hhe... sekarang jadi ngerti deh sama buah ini, ternyata manfaatnya banyak ya

    ReplyDelete
  14. Waini, dulu sering cari buahnya bareng temen2 rumah. trus duduk di pinggir sungai sambil makan buah duwet rame2...

    ReplyDelete
  15. Laah aku baru denger lho mas ada buah namanya juwet.. ahahhahakkk lucuk. Manfaatnya banyak juga yes... trus diapain? Dibikin jus gitu apa dimakan langsung enak kali yah?

    ReplyDelete
  16. sebagai rekomendasi berguna kepada tetangga yang terkena diabetes bahwasanya buah juwet yang asem manis ini bisa dijadiin obat diabetes....makasih ilmunya mang

    ReplyDelete
  17. Sangat bermanfaat mas informasinya terimakasih banyak mas :)

    ReplyDelete