Saturday, April 22, 2017

Buah-buahan Alternatif Sebagai Sumber Vitamin C

15 comments

"Buah-buahan alternatif sebagai sumber vitamin C"


Banyak jenis buah-buahan yang mengandung vitamin C. Jadi untuk mereka yang kesulitan untuk mendapatkan jenis buah tertentu di daerahnya atau mungkin tidak menyukai jenis buah-buahan tertentu atau juga mungkin bosan dengan buah-buahan yang itu itu saja, maka dari itu untuk memperoleh sumber vitamin C, tidak usah bingung dan khawatir lagi.

Karena ada banyak jenis buah yang bisa kita temui untuk mendapatkan asupan vitamin C ini. Di antara buah-buahan ini juga harganya beragam, yaitu dari harga yang sangat terjangkau ramah di kantong sampai harganya yang lumayan tinggi. Tapi saya yakin untuk masalah kesehatan harga tidak masalah bukan? Yang terpenting adalah kwalitas dan memang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Lalu buah-buah alternatif sebagai sumber vitamin C apa sajakah itu? Baiklah kita baca sama-sama, semoga pos saya kali ini bisa membantu mereka yang sedang mencari referensi tentang buah-buahan alternatif sebagai sumber vitamin C.

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa vitamin C bagi tubuh sangat penting, yaitu untuk pembentukan kolagen, membantu penyerapan zat besi, dan yang tak kalah pentingnya fungsi vitamin C adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nah setelah kita mengetahui fungsi dari vitamin C tentunya kita tak ingin mengabaikan hal ini. Buah-buahan alternatif vitamin C yang saya sebutkan ini bisa membantu untuk memenuhi asupan bagi kesehatan tubuh.

Buah kiwi - Buah kiwi mengandung dua kali lipat lebih banyak vitamin C yang dikandung oleh jeruk. Selain sumber vitamin C yang cukup tinggi buah kiwi juga sebagai sumber mineral, yaitu magnesium dan kalium. Buah kiwi juga mengandung vitamin A dan vitamin E. Hanya saja masalahnya di daerah tertentu masih jarang terdapat buah kiwi, karena buah kiwi ini termasuk buah impor.

Apel - Pada setiap 100 gram apel mengandung Vitamin C sebanyak 5 miligram. Apel sangat dipercaya kaya akan flavonoid sebagai anti oksidan yang mampu mengurangi resiko penyakit jantung, stroke dan kanker. Buah apel menjadi pilihan buah-buah alternatif sumber vitamin C.Untuk apel yang berukuran sedang mengandung 80 kalori ini juga sangat cocok bagi meteka yang sedang nenjalankan diet.Untuk buah apel saya rasa sudah mudah didapat karena di Indonesia sudah mempunyai petani buah apel.

Jambu biji-Jambu biji sebenarnya adalah buah yang mudah di dapat, tapi kebanyakan sudah tidak begitu digemari. Padahal jambu biji mengandung vitamin C lebih banyak dari jeruk bahkan sampai dua kali lebih banyak dari jeruk. 108 miligram vitamin C bisa kita dapatkan dari 100 gram buah jambu biji.

Jeruk-Buah jeruk pasti bukan buah yang asing lagi sebagai alternatif buah-buahan sumber vitamin C. Sehingga banyak yang terkecoh mengklaim bahwa buah jeruk adalah sumber vitamin C tertinggi, padahal jeruk masih di bawah buah jambu biji bila dibandingkan sebagai sumber vitamin C, pada 100 gram jeruk mengandung 50 sampai 70 mg vitamin C. Namun jumlah ini setara dengan kebutuhan harian vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Jeruk juga merupakan sumber serat, folat, serta antioksidan, vitamin dan mineral lainnya.

Pepaya-Setiap 150 gram pepanya menyediakan vitamin C sebanyak 90 miligram. Pepaya banyak menyediakan mineral folat dan karotenoid. Pepaya merupakan satu-satunya sumber papain, enzim pencernaan alami yang membantu mencerna protein.

Mungkin saya rasa cukup penjelasan tentang Buah-buahan Alternatif Sebagai Sumber Vitamin C, semoga bermanfaat bagi yang sudah mampir di postingan dari saya kali ini.., Salam berbagi.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

15 comments:

  1. Replies
    1. tapi sampean kalau mau makan buah itu beli dulu ya mbak.., kecuali jambu biji dan pepaya, mungkin tetangga mbak wahyu banyak yang nanam.., hehe

      Delete
  2. Komentarku yg pertama typo. Hahhaa...


    Oalaahh... Buah kiwi itu, buah impor toh?
    Pantesan aku belum pernah ngerti.
    Kalau jambu biji dan pepaya, aku udah sering makan.
    Jeruk tiap hari,
    Apel jarang2, buah kiwi belum pernah. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan buah impor, tapi termasuk buah impor., indonesia ada kok? bisa tumbuh dan berbuah,kemarin aku pernah melewatinya.., di jalan apa tapi aku lupa, hehe


      oh iya mas, kapan2 ayuk icir buah kiwi dewe yo? Di
      icir cedak genuk paling urip..., hehe

      Delete
  3. Makan buah yang kaya vitamin sangat dianjurkan untuk menjaga stamina dan kesehatan kulit, yang murah tapi berkwalitas tak masalah, sekali-sekali boleh dong merasakan buah impor
    tapi buah lokal juga nggk kalah nutrisinya
    ok deh terima kasih sharenya, mau metik pepaya dulu di kebun

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang kalau kita membiasakan makan buah yang berfitamin dan segar, bisa membuat kulit kita lebih muda.., terutama buah bengkoang yang banyak dipercaya buat meremajakan kulit.

      Delete
  4. Buah di atas itu semua saya suka karena dengan makan buah yang mengandung vitamin C maka tubuh tetap sehat dan terhindar penuaan dini. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itulah manfaatnya kalau kita sering membiasakan makan buah segar yang mengandung vitamin c.., tanpa kita sadari tubuh kita jadi segar dan kelihatan lebih muda.

      Delete
  5. Saya paling suka buah pepaya, selain rasanya yang manis juga mudah dicernak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain itu juga mudah kita dapatkan ya mbak, soalnya banyak yang nanam buah pepaya ini.

      Delete
  6. manfaat buah untuk kesehatan memang sudah banyak sekali ya mas. thanks infonya jadi tambah mengerti buah apa saja yang bisa jadi sumber vitamin c

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mungkin hanya beberapa nama buah yang dapat aku tuliskan mas.., sebenarnya banyak sih buah yang mengandung vitamin c ini. tks.

      Delete
  7. Aku suka semuanya ini Mas,, he
    Biasanya kalau beli, beli sup buah. Disitu udah lengkap banyak buahnya dan lebbih simpel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas @Andi ,biasanya di sub buat sudah ada beberapa buah yang sudah disediakan si penjualnya.

      Delete
  8. Kalau buah-buah yang lainsaya udah nyoba mas, yang belum tahu gimana rasanya adalah buah kiwi, seperti buah sawo-kah?

    ReplyDelete